Pimpinan DPRD: Masjid Besar Darussalam ikon religi Kota Putussibau

Posted on

Masjid Darussalam itu salah satu ikon religi Kota Putussibau dan menjadi kebanggaan umat Islam di Kabupaten Kapuas Hulu,

Putussibau, Kapuas Hulu (ANTARA) –

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat Hairuddin mengatakan keberadaan Masjid Besar Darussalam dapat menjadi ikon religi Kota Putussibau, karena selain selalu ramai didatangi jamaah, masjid tersebut berdiri megah di lokasi strategis sebelum memasuki Kota Putussibau.


“Masjid Darussalam itu salah satu ikon religi Kota Putussibau dan menjadi kebanggaan umat Islam di Kabupaten Kapuas Hulu,” kata Hairuddin yang juga Ketua Pengurus Masjid Besar Darussalam Putussibau Selatan, saat peresmian Masjid Besar Darussalam di Putussibau Selatan, Selasa.

 

Ia menyatakan Masjid Besar Darrusalam itu mempunyai histori panjang hingga akhirnya dapat berdiri megah saat ini.


Menurut dia pertama kali Masjid Darussalam dibangun pada 1986, dengan semangat gotong royong masyarakat.

 

“Saya waktu itu masih remaja, saya ingat betul warga gotong royong membawa pasir menggunakan kantong palstik, itu perjuangan luar biasa,” kata Hairuddin.

 

Sejak Tahun 1986, kata dia, senantiasa berganti kepengurusan masjid tersebut, bahkan sudah ada yang meninggal dan beberapa pendiri juga masih ada yang hidup.

 

Lalu, pada 22 Oktober 2008 Masjid Darussalam mulai dibesarkan dengan proses panjang, terutama dalam pembebasan lahan dan Tahun 2021 ini kemudian dibangun masjid  yang cukup megah.

 

“Saya diberikan amanah menjadi Ketua Pengurus Masjid Besar Darussalam ini, semoga diberikan kemudahan dan amanah dalam mengembangkan masjid tersebut ke depannya, yang rencana akan senantiasa dibangun hingga Tahun 2023,” katanya.

 

Ia mengatakan dalam pembangunan Masjid Besar Darussalam itu juga gak terlepas dari bantuan Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu.

 

Pewarta: Teofilusianto Timotius
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *